MASIGNALPHA101

Apakah Uang Yang Hilang di ATM Bisa Kembali ? Ini Cara Mengatasinya

Apakah Uang Yang Hilang di ATM Bisa Kembali ? Ini Cara Mengatasinya
Senin, 22 April 2019
loading...

Halo sobat setia Ganyda! pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman pribadi saya yang telah kehilangan saldo tabungan saya yang lumayan cukup banyak nilainya (menurut saya) dan tujuan saya membuat postingan ini agar rekan-rekan tidak mengalami hal serupa yang sudah saya alami tepatnya pada tanggal 13 Februari 2019 yang lalu sekitar jam 07:09 WIB.

Pada waktu itu saya tiba-tiba menerima SMS yang isinya seperti yang ada pada gambar dibawah ini


Pada gambar tersebut sangat jelas, bahwa saya seolah-olah telah melakukan transaksi menggunakan kartu ATM milik saya untuk bertransaksi ke perusahaan malaysia dengan nama perusahaan BUMIPUTRA COMMERCE BK, dan pada screnshot sms tersebut nominal transaksinya sebesar 500 Ringgit Malaysia.

Saya pun sempat kaget ketika menerima laporan SMS seperti itu dari pihak Bank dimana bank tersebut tempat saya menabung, yaitu bank CIMB NIAGA. padahal saya tidak pernah melakukan transaksi apapun ke perusahaan tersebut saya juga tidak pernah mengenal perusahaan tersebut.

Lalu setelah itu saya melakukan pengecekan ke rekening tabungan saya via Go Mobile yang ada di HP saya dan ternyata transaksi tersebut benar adanya, karena saya cek mutasi pada saldo rekening tabungan saya telah berkurang cukup lumayan banyak yaitu sebesar Rp. 1.758.500,- nominal segini ini saya rasa cukup lumayan besar nilainya. Cek Gambar dibawah ini:



Karena saya tidak merasa melakukan transaksi apapun pada hari dan jam tersebut, saya pun bergegas untuk mendatangi kantor Bank CIMB NIAGA terdekat di kota saya. Dalam hati bertanya, apakah uang yang hilang di atm bisa kembali ?  silahkan simak kelanjuatan kisah pengalaman saya dibawah ini.

Dengan berbekal SMS dan hasil mutasi rekening saya via Go Mobile, sesampainya di kantor cabang Bank CIMB NIAGA yang ada di kota saya, saya pun mengadukan kejadian yang baru saja saya alami ke CSO yang ada di bank tersebut dengan sejelas-jelasnya dan apa adanya, alhamdulillah petugas bank CIMB NIAGA tersebut sangat sabar melayani saya, karena kepanikan saya nada bicara saya pun agak tinggi dan sempat semua pandangan pengunjung yang ada di bank tertuju ke arah saya dan CSO, alhamdulillah karena kesabaran CSO tersebut saya agak sedikit tenang untuk menjelaskannya.

Adapun isi percakapan saya dengan CSO (saya lupa namanya) tersebut adalah sebagai berikut:

CSO : Selamat Pagi Bapak, ada yang bisa saya bantu?
Saya: Iya selamat pagi juga pak
CSO : Silahkan pak ada yang bisa saya bantu?
Saya: Jadi begini pak, sekitar jam 07:09 saya mendapatkan sms yang isinya seperti ini (saya sambil menungjukkan laporan sms asli dari hp saya) padahal saya tidak pernah ke malaysia dan pas sms itu masuk pun saya posisi ada dirumah, awalnya sms tersebut saya anggap hanyalah sms promo/atau semacamnya tapi kok isinya seperti transaksi pemindahan saldo! lalu saya pun melakukan pengecekan di rekening saya menggunakan Go Mobile milik bank Cimb Niaga dan hasilnya seperti ini pak (saya sambil menunjukkan mutasi rekening via Go Mobile) itu jumlahnya lumayan banyak lo pak klo menurut saya, apa lagi profesi saya adalah seorang driver ojek online! mungkin bapak udah tau sendiri, hujan saya belain kehujanan, panas saya belain kepanasan agar bisa mencukupi kebutuhan keluarga dan bisa nabung untuk masa depan, tapi ketika sudah terkumpul uang tabungan saya malah ada yang nyuri, menurut bapak gimana perasaan saya pak!.
CSO : Apakah bapak sebelumnya pernah bertransaksi online?
Saya : Saya itu bertransaksi online paling-paling ngisi Gopay ke temen-temen driver lainnya dan ke akun gojek saya sendiri, pernah sih bayar ke Bukalapak tapi cuman beberapa kali, mungkin bapak bisa cek deh riwayat mutasi saya di komputer bapak disitu mungkin kelihatan kemana aja transaksi saya, dan satu lagi pak saya sudah lama tidak menggunakan ATM saya saya pun menggunakannya waktu itu untuk setor tunai dan waktunya pun sudah agak lama mungkin sekitar 1 bulananan yang lalu pak.
CSO : Sebentar saya cek terlebih dahulu ya pak, (sambil melakukan pengecekan beliau sambil menanyakan sesuatu) Apakah bapak tidak merasakan sesuatu hal yang janggal pas waktu melakukan transaksi di mesin ATM tersebut?
Saya : Klomenurut saya biasa-biasa aja pak dan tidak ada yang janggal.
CSO : Mungkin ada yang mengganjal di bagian pas memasukkan ATM atau di atas tombol PIN?
Saya : Kayaknya tidak ada yang janggal
CSO : Apakah bapak tidak pernah menerima telpon yang mengarahkan bapak untuk menuju ke ATM pak?
Saya : Klo terima telepon sih pernah pak tapi udah cukup lama kayaknya sekitar 3 mingguan yang lalu dan itu ngakunya dari CIMB Niaga dan ingin menawarkan saya jenis tabungan lain CIMB Niaga dan meminta data-data nomor kartu, 3 digit terakhir dibelakang kartu, dan nama ibu kandung, tapi saya menolak promo tersebut.
CSO : Baik pak, bapak sekarang isi formulir ini untuk saya bantu lakukan tindakan pelaporan ke pusat

Singkat cerita pada hari itu saya diberikan kartu yang baru dengan nomor kartu yang baru juga untuk menghindari kejadian yang serupa. 

Dan setelah proses pengaduan saya sekitar kurang lebih 2 bulan, pada tanggal 16 April kemarin saldo saya dikembalikan/di refund oleh pihak bank CIMB Niaga, saya pun tahunya baru tadi malam ketika hendak melakukan pengecekan saldo karena ada yang transfer kerekening saya. 

Pada laporan mutasi saya lihat ada saldo masuk dari CIMB Niaga dengan keterangan SKIMMING MALAYSIA yang nominalnya sebesar saldo saya yang hilang, seperti gambar dibawah ini:


Dalam hati saya bersyukur, saya masih diberi limpahan rejeki oleh Allah, karena sebelumnya saldo tersebut sudah saya anggap hilang tapi ternyata saldo tersebut dikembalikan oleh pihak bank.

NOTE: Artikel ini saya buat bertujuan untuk berbagi pengalaman ke sesama pengguna rekening bank dan tidak ada maksud sedikitpun untuk menjatuhkan nama bank tertentu.

Karena kejadian yang sudah saya alami diatas, saya ingin berbagi sedikit tips agar rekening tabungan sobat tetap aman dari peretasan maupun tindakan Skimming.
  1. Hindari transaksi di mesin ATM yang sepi yang jauh dari pemukiman atau jauh dari kerumunan orang dan tidak dijaga oleh satpam walaupun lokasi ATM tersebut dipinggir jalan raya. Karena pada mesin ATM yang sepi para pelaku kejahatan akan lebih leluasa melakukan aksinya seperti perampokan, penjambretan, dan pemasangan alat skimming.
  2. Abaikan penelpon yang mengaku dari pihak Bank (biasanya menggunakan nomor jakarta) dan jangan pernah memberikan data Rekening sobat ke pihak penelpon, data yang saya maksud disini adalah Nama Lengkap, Nomor Kartu ATM, 3 digit Nomor di balik ATM, Nama Ibu kandung. 
  3. Pihak Bank tidak pernah menanyakan data pribadi sobat via telepon (telpon duluan ke sobat dan mengaku dari bank) Kecuali sobat yang menelpon ke Bank tersebut melalui nomor resmi bank dimana sobat terdaftar (nomor call center resmi bank BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga, Dll
  4. Buat pengguna Mobile Banking sering-sering lah mengganti pin/password akun mobile banking sobat, untuk pengguna CIMB Niaga aktifkan fitur login dengan sidik jari.
  5. Sering-sering lah mengganti pin ATM sobat.
  6. Sering-sering lah mengganti pin/password akun internet banking sobat
  7. Jangan pernah berikan kartu ATM sobat ke Janda, saya jamin pasti ludes (hehehehehe just kiding)
Baiklah cukup sekian dulu share tentang pengalaman pribadi saya yang tidak menarik ini hehehehe.... semoga bermanfaat dan semoga tidak ada yang mengalami hal serupa seperti yang saya alami ini.

Selamat beraktifitas dan Salam Satu Aspal
GANYDA ID

Saya hanyalah manusia biasa yang tak pernah luput dari dosa, semua yang saya publikasikan di blog hanyalah sekedar ingin berbagi kepada sesama. Karena pepatah mengatakan "Berbagi Itu Indah" semoga informasi yang saya bagikan bisa bermanfaat.

Silahkan tinggalkan komentar Anda, Semua komentar akan di filter dan akan ditampilan setelah lulus filter atau proses moderasi.